Ketahui Jenis-Jenis Jangkar Kapal Beserta Kegunaannya

Ketahui Jenis-Jenis Jangkar Kapal Beserta Kegunaannya

Jangkar adalah sebuah alat yang cukup penting di bagian kapal karena jangkar ini merupakan Alat pemberat kapal agar kapal tersebut tidak berpindah yang diletakkan di dasar air, baik air laut Danau, sungai dan lain sebagainya.

Dengan adanya jangkar kapal tidak akan berpindah tempat karena adanya hembusan angin, atau gelombang air yang mungkin bisa memindahkan kapal tersebut. Oleh karena itu saat ini jangkar merupakan salah satu bagian yang sangat penting yang harus ada di sebuah kapal.

Jangkar merupakan sebuah alat yang sudah ada sejak jaman dahulu di mana diawali dengan pembuatan nya dari pasir serta karung. Namun semakin berkembangnya zaman menyebabkan hal tersebut mulai harus diganti karena memang sudah tidak efektif lagi. Oleh sebab itu, saat ini mulai banyak bermunculan jangkar yang bisa digunakan untuk menjadi pemberat di kapal.

Saat ini jenis jangkar sudah sangat banyak, di mana bahan yang digunakan juga sudah berbeda beda sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Banyak sekali jangkar yang Bisa kita temui di berbagai kapal karena memang adanya jangkar tersebut disesuaikan dengan kebutuhan kapal tersebut.

Ada beberapa jenis jangkar yang bisa kita beda kan berdasarkan peletakannya di kapal atau berdasarkan jenis bentuk dan fungsinya. Oleh sebab itu pada artikel ini kita akan menjelaskan apa jenis jangkar serta berbagai kegunaannya.

Jenis-Jenis Jangkar Berdasarkan Kegunaannya

Jika dibandingkan dengan dahulu, di mana jangkar yang digunakan adalah jangkar dengan bentuk yang sederhana maka saat ini sudah sangat berbeda. Di mana saat ini banyak sekali bentuk jangkar yang bermunculan karena memang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Berbagai jenis jangkar yang digunakan juga memiliki kegunaan terhadap kapal sesuai dengan kebutuhan kapal itu sendiri.

  1. Jangkar AC14

jangkar jenis ini merupakan jangkar yang memang cukup banyak diminati karena efisiensi dari jangkar tersebut. Di mana jangkar tersebut bisa diatur beratnya sesuai dengan kebutuhan dari penggunaannya, yang membuat para pengguna dari jangkar ini pun akan merasa lebih puas karena bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya saja. Biasanya jangkar ini digunakan pada kapal komersil atau Akuakultur.

  1. Jangkar Hall

Jangkar hall merupakan jangkar yang memiliki bentuk yang cukup umum dan beratnya yang cukup besar hal ini karena memang jangkar ini biasa digunakan untuk kapal-kapal pengangkut. Di mana kapal pengangkut biasanya akan membawa barang yang memiliki ukuran serta berarti yang besar yang menyebabkan jangkar yang dimiliki juga harus memiliki berat yang besar untuk bisa menahan. Dari kapal tersebut.

  1. Jangkar Spek

Seperti jenis jangkar sebelumnya, jangkar spek ini juga memiliki berat yang cukup berat di mana dengan menggunakan baja yang sangat berat yang digunakan pada kapal-kapal pengangkut yang menyebabkan berat dari jangkar ini pun harus disesuaikan dengan fungsi kapal itu sendiri.

  1. Jangkar Byers

Kegunaan dari jangkar ini adalah pada kapal pengangkut, di mana dengan ukuran yang cukup besar dan bentuk yang lebih lebar yang menyebabkan jangkar ini bisa menahan dengan kuat beban dari kapal tersebut.

  1. Jangkar Union

Seperti halnya pada jangkar di atas, jangkar union ini juga digunakan pada kapal pengangkut untuk menahan beban dari kapal tersebut agar kapal tidak terombang-ambing dan terbawa arus gelombang itu sendiri.

  1. Jangkar Danforth

Jangkar yang memiliki bentuk yang lebih ramping namun dengan kekuatan yang lebih besar dalam hal pencengkeraman di dasar laut menyebabkan jangkar ini merupakan jangkar yang cukup baik digunakan untuk kapal komersial atau kapal boat. Dibentuk dari baja yang memiliki kekuatan besar yang menyebabkan jangkar ini banyak digunakan oleh pengguna kapal.

  1. Jangkar Stevin

Jangka yang memiliki ukuran yang cukup besar di mana disesuaikan dengan kegunaannya untuk menahan beban yang lebih tinggi lagi yang menyebabkan jangkar ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dari kapal itu sendiri. Memiliki kekuatan yang cukup tinggi serta memiliki keunggulan yang lebih besar lagi dalam mencengkeram di dasar laut.

  1. Jangkar Flipper Delta

Jenis jangkar ini hampir sama dengan jangkar Stevin. Pada jangkar ini memiliki kemampuan mencengkeram yang cukup bagus di dasar Laut, karena sangat kuat dan dengan desain yang cukup berbeda dari yang lainnya.

Jenis Jangkar Berdasarkan Peletakan Dikapal

  • Jangkar Haluan

Jangkar Haluan Merupakan jangkar utama di dalam sebuah kapal yang peletakannya berada di kanan dan kiri dari kapal itu sendiri dan harus memiliki berat yang seimbang agar tidak ada guncangan dari kapal saat tidak seimbang.

  • Jangkar Arus

Jenis jangkar ini berada di Buritan kapal, di mana fungsinya adalah untuk menjaga agar kapal tidak berputar saat sedang berhenti dan biasanya digunakan pada kapal yang berlayar di perairan sungai.

  • Jangkar Cemat

Jangkar cermat atau jangkar yang paling kecil diantara tiga jangkar lainnya memiliki fungsi yang berkaitan dengan kedua jangkar di atas. Di mana jangkar ini berfungsi untuk menarik atau memindahkan jangkar jika ada kendala dari kapal.

*Baca Juga: Keuntungan Memiliki Asuransi Rangka Kapal dari Kerugian

Sekian informasi dari beberapa jangkar serta kegunaannya. Dari berbagai jenis jangkar yang ada, kebutuhan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Jika memaksakan menggunakan jenis jangkar namun tidak sesuai kebutuhan, maka bisa saja malah menambah biaya. Asuransi rangka kapal adalah sebuah hal yang penting untuk menjaga jangkar itu sendiri.

Semakin baik perawatan kapal pada bagian jangkar masa akan lebih aman juga penggunaan kapal itu sendiri. Jika Anda membutuhkan asuransi rangka kapal maka Anda bisa menggunakan asuransi rangka kapal dari Astra yang terlah banyak dipercaya oleh berbagai kalangan. Yuk kunjungi situs Asuransi Astra untuk info lebih lanjut.