Jika Anda beraktivitas atau bekerja di wilayah proyek konstruksi, maka pasti pernah melihat satu alat berat yang bernama Motor Grader. Adalah jenis alat berat yang digunakan untuk meratakan permukaan tanah atau jalan di lokasi konstruksi dengan menggunakan sebuah pisau panjang yang didesain khusus. Umumnya alat berat ini dibekali dengan tiga buah roda, dan menggunakan mesin serta kabin yang terletak di bagian as dari roda bagian belakang alat berat.

Fungsi Utama Alat Berat Motor Grader

Alat berat motor grader biasanya digunakan di bidang usaha pertambangan. Beberapa motor grader bahkan sudah memiliki kelengkapan fitur untuk bisa mengoperasikan alat berat tambahan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh alat berat motor grader sebagai berikut :

  • Untuk membantu melakukan pemerataan dan pemeliharaan area jalan tanah yang permukaannya berkerikil
  • Untuk membantu mempersiapkan landasan khususnya dalam keperluan pembuatan jalan beraspal
  • Untuk membentuk landasan yang terbuat dari fondasi tanah sebelum dilakukan pembangunan gedung-gedung yang berukuran besar
  • Membantu membuat lubang parit dan meratakan permukaan jalan yang memiliki kontur miring
  • Dalam bidang teknik sipil, motor grader banyak difungsikan untuk melakukan penyelesaian akhir seperti untuk melakukan perbaikan atau pengaturan

Cara Kerja Alat Berat Motor Grader?

Motor grader adalah alat berat yang bekerja dengan cara bergerak maju dan mundur secara berulang kali sampai permukaan tanah benar-benar rata. Motor grader bekerja dengan cara mendorong sebidang permukaan yang tidak rata dengan menggunakan blade atau pisau yang tajam dan berukuran besar. Pisau tersebut baru akan diturunkan ketika motor grader bergerak maju.

Pada saat motor grader bergerak mundur, pisau akan secara otomatis diangkat dan hal tersebut akan dilakukan berulang kali hingga diperoleh permukaan yang rata sesuai ketentuan. Dalam penggunaannya, keahlian operator memiliki peranan yang sangat penting yang sangat menentukan hasil penggunaan motor grader sesuai ketentuan atau tidak.

Awalnya penggunaan motor grader belum begitu banyak dilakukan oleh masyarakat. Di luar negeri, alat berat ini banyak dimanfaatkan untuk membantu membersihkan salju di perkotaan atau pemukiman penduduk. Selain itu, motor grader juga banyak dipakai untuk membersihkan Semak belukar dan padang rumput sehingga bisa membuat permukaan bersih serta rata sesuai keinginan.

*Baca Juga: Mengenal Kendaraan Dump Truck dan Cara Mengoperasikannya

Komponen Penting yang Ada di Motor Grader

Dalam alat berat motor grader terdapat beberapa komponen penting yang harus diperhatikan. Berikut beberapa komponen yang ada di dalam motor grader yang penting untuk diketahui:

  • Front blade adalah jenis pisau yang terletak di bagian motor grader di bagian depan yang memiliki fungsi untuk penaburan atau spreading.
  • Push plate berfungsi untuk pemberat motor grader supaya ketika digunakan roda bagian depan tak sampai terangkat. Selain itu, bagian ini juga bisa membantu mendorong atau merobohkan pohon ketika terjebak di dalam lumpur.
  • Front pull hook adalah bagian motor grader yang terletak di bagian depan dengan jenis kegunaan yang menarik. Yang pertama adalah untuk front weight with nails dan untuk Ushape bracket welded on front axle.
  • Scarifer adalah bagian motor grader yang dipakai untuk membantu melakukan penggalian material keras seperti aspal atau lapisan es. Biasanya scarifer memiliki sejumlah gigi sehingga bisa disesuaikan dengan sejauh mana tingkat kekerasan material yang akan digali.
  • Hydraulic blade tip control merupakan bagian motor grader yang satu ini akan membantu alat memiliki cara dan sudut potong yang diatur melalui kabin sehingga bisa diatur secara hidrolik.
  • Extension blade adalah bagian dari motor grader yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan yang ringan, sehingga bisa menggunakan pisau tersebut sekaligus.
  • Rear mounted ripper adalah bagian motor grader yang digunakan untuk membantu penggalian material yang keras yang tak bisa dihandle oleh scarifer.

*Baca Juga: 10 Jenis Alat Berat Beserta Fungsinya untuk Proyek Bangunan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar motor grader yang merupakan sebuah alat berat dengan kegunaan untuk membantu meratakan permukaan tanah atau jalan beraspal. Motor grader bisa berjalan dengan kecepatan rendah dengan kisaran 2800 rpm dan memiliki ruang control yang berisi operator dengan fungsi untuk melakukan pengaturan proses kerja alat berat sesuai kebutuhan.

Hingga saat ini, inovasi dan pengembangan produk alat berat selalu menjadi fokus utama untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi operator alat berat. Bagian kabin terutama yang memiliki kegunaan sebagai tempat duduk dan semua hal yang menjadi tempat untuk mengatur motor grader.

Motor grader juga mulai banyak dibekali dengan alat pelengkap seperti misalnya grader dengan alat tambahan seperti alat penyapu untuk membersihkan sisa potongan yang tercecer. Sedangkan inovasi paling terbaru dari alat berat motor grader adalah grader yang memiliki teknologi kendali perataan yang digunakan untuk mendapatkan kendali perataan permukaan yang lebih presisi dan konstruksi tanpa memiliki tanpa pancang.

Untuk mendapatkan perlindungan ketika menggunakan alat berat, pastikan Anda memiliki asuransi alat berat dari asuransi Astra. Asuransi alat berat merupakan jenis asuransi yang bisa memberikan jaminan ganti rugi pada tertanggung yang disebabkan alat berat mengalami kerusakan atau kerugian akibat satu kejadian yang terjadi karena risiko yang dijamin.

Asuransi khusus untuk alat berat ini memiliki cakupan jaminan perlindungan yang komprehensif dan Total Loss Only yang akan memberikan jaminan perlindungan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pastikan untuk mendapatkan jaminan perlindungan khusus alat berat hanya di asuransi Astra.