Mengenal Kendaraan Dump Truck dan Cara Mengoperasikannya

Mengenal Kendaraan Dump Truck dan Cara Mengoperasikannya

Dump truck merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut material seperti kerikil, batu, pasir, tanah, hasil tambang dan material lainnya. Untuk mengisi muatan dari dam truk ini biasanya digunakan alat penguat untuk membongkar biasanya akan bekerja sendiri dari mobil tersebut.

Untuk menurunkan muatan, biasanya kendaraan ini akan mengangkat bagian dari depan bak dengan menggunakan hidrolik sehingga bak bisa miring ke bagian belakang dan muatan bisa langsung turun ke bawah di tempat yang memang sudah ditentukan.

Cara Pengoperasian Kendaraan Dump Truck

Secara umum, untuk cara pengoperasian dump truck ini tidak terlalu berbeda dengan pengoperasian truk model lain. Memang yang membedakan disini yaitu terletak pada bagian tuas hidrolik yang punya fungsi untuk dapat menaikkan dan menurunkan bak dari dump truck.

Sehingga untuk sopir atau pengemudi dari dump truck ini perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengoperasikan truk ini sehingga bisa digunakan dengan aman dan benar.

Karena apabila pengoperasian yang dilakukan tidak benar ataupun ada kesalahan sedikit saja maka akan mengakibatkan kesalahan yang fatal baik itu untuk pengemudi, truk, ataupun lokasi yang ada di sekitar dump truck.

Cara Menaikkan Bagian Bak Dump Truck

Pada dump truck biasanya terdapat 2 tambahan tuas, yaitu tuas PTO dan tuas pompa hidrolik, sehingga untuk bagian kabin dari dam truk ini memiliki 3 tuas yang punya fungsi berbeda yaitu sebagai berikut.

Tuas pompa hidrolik, pertama ada tuas pompa hidrolik yang punya fungsi untuk dapat membuka tutup katup aliran dari oli yang ada di tabung pompa hidrolik.

Tuas PTO, selanjutnya ada tuas PTO atau yang merupakan kepanjangan dari Power Take Off. Dimana tuas PTO ini punya fungsi untuk dapat menyalurkan gigi PTO ke transmisi sehingga PTO ini bisa untuk memutar pompa hidrolik.

Tuas Transmisi, yang ketiga ada tuas transmisi yang merupakan tuas dengan fungsi menetralkan gigi serta untuk memajukan dan memundurkan kendaraan.

Setelah paham bagian-bagian dari tuas yang ada di dump truck ini maka Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk menaikkan bak dari dump truck.

  • Pertama yang harus dilakukan yaitu menghidupkan mesin truk terlebih dahulu dan tunggu hingga jarum rpm nya ada di posisi idle atau posisi diam.
  • Setelah itu Anda bisa mengatur tuas transmisi pada posisi yang netral
  • Lalu angkat bagian rem tangan untuk dapat mengunci posisi dari truk.
  • Setelahnya Anda bisa menyalakan lampu hazard dan juga alarm PTO Apabila ada sehingga bisa memberikan sinyal pada saat truk akan mengoperasikan hidrolik dump yang ada.
  • Setelah itu Anda bisa menginjak pedal kopling dengan penuh
  • Lalu tuas PTO ditarik ke bagian belakang untuk dapat menaikkan bak dari dump truck.
  • Tunggu sesaat sampai dengan jarum rpm nya naik sedikit di atas jarum rpm idle.
  • Lalu Anda bisa menarik tuas pompa hidrolik untuk dapat menaikkan bak dump.
  • Lepaskan secara perlahan tuas tersebut dan injak di pedal kopling.
  • Nantinya bak dump truck ini bisa naik secara perlahan.

Apabila membutuhkan tenaga tambahan untuk dapat menaikkan bak dump truck tadi maka Anda bisa menginjak pedal gas.

Setelah baknya bisa terangkat penuh maka Anda harus menekan pedal kopling secara penuh dan Anda juga perlu mendorong tuas PTO kembali pada posisi yang netral.

Untuk menurunkan kembali bak dump yang perlu dilakukan yaitu hanya mengembalikan tuas pompa hidrolik tadi ke posisi Netral atau posisi semula. Tetapi disini Anda tidak perlu untuk menginjak pedal gas sehingga bak akan bisa turun dengan sendirinya.

*Baca Juga: 10 Jenis Alat Berat Beserta Fungsinya untuk Proyek Bangunan

Bagi Anda yang memiliki dump truck, Anda bisa melindunginya dari berbagai rersiko dengan menggunakan produk asuransi alat berat dari asuransi Astra. Manfaat yang bisa didapatkan dari jenis asuransi alat berat ini salah satunya adalah ganti rugi kepada nasabah apabila alat berat yang dimiliki mengalami kerusakan ataupun kerugian.

Terdapat jaminan Comprehensive dan Total Loss Only (TLO) yang bisa menjamin risiko kepada kerugian ataupun kerusakan bagi itu sebagian maupun total yang diakibatkan oleh risiko yang dijamin di dalam polis asuransi dari kategori asuransi alat berat ini.

Total loss only menjamin risiko terhadap kerugian ataupun kerusakan, seperti contohnya untuk perbaikan unit yang harganya bisa diperkirakan sama sebelum terjadi kerusakan atau kerugian dan juga yang di akibatkan oleh pencurian. Informasi lebih lanjut dapat langsung hubungi kami Asuransi Astra.