Pahami Apa itu Asuransi, Fungsi, dan Jenis-JenisnyaBanyak yang tak begitu paham dengan asuransi sehingga perlu lebih banyak disosialisasikan perihal asuransi, fungsi dan jenisnya secara sederhana. Banyak agen asuransi yang melakukan penipuan demi keuntungan pribadi membuat kata asuransi banyak mendapatkan kesan negatif sehingga cenderung dihindari masyarakat. Padahal secara umum keberadaan asuransi akan sangat membantu melindungi kondisi finansial terutama di saat yang tak terduga.

Pengertian Asuransi

Dikutip dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang terjadi antara penyedia jasa layanan asuransi (sebagai pihak penanggung) dan masyarakat (sebagai Tertanggung/pihak pemegang polis). Di mana di dalam kesepakatan tersebut pihak Tertanggung harus membayarkan sejumlah iuran kepada pihak Penanggung untuk mendapatkan ganti rugi atas risiko finansial yang bisa terjadi secara tak terduga di kemudian hari.

Dalam hal ini, pihak Penanggung merupakan perusahaan asuransi dan pihak Tertanggung adalah nasabah asuransi. Untuk hak dan kewajiban penyedia layanan asuransi dengan pemegang polis sudah diatur sedemikian rupa, sehingga bisa mendapatkan perlindungan yang sesuai kesepakatan. Meski begitu hak pemegang polis baru akan diberikan ketika pemegang polis sudah melakukan kewajibannya, yaitu membayarkan premi pada pihak Penanggung atau perusahaan asuransi.

Fungsi Utama Asuransi

Fungsi utama asuransi adalah meminimalisir risiko yang datang tak terduga di kemudian hari. Namun setidaknya ada beberapa fungsi yang bisa diberikan oleh asuransi, yaitu :

  1. Untuk memberikan perlindungan finansial dari berbagai risiko kerugian yang bisa muncul secara tak terduga
  2. Untuk melakukan penyimpanan dana dengan aman untuk mewujudkan rencana yang ingin dicapai di masa yang akan datang
  3. Untuk memberikan jaminan perlindungan pada masa depan keluarga khususnya jika musibah kematian datang
  4. Untuk melindungi kesehatan mental dan fisik yang bisa terjadi ketika mengalami risiko kecelakaan
  5. Untuk membantu pebisnis bisa lebih fokus pada usaha yang dijalankannya karena setiap bisnis pasti memiliki risiko di dalamnya
  6. Untuk memberikan jaminan perlindungan masa depan dari investasi yang dimiliki

*Baca Juga: Fungsi Asuransi Secara Primer, Sekunder dan Khusus

Nah, agar semua fungsi kepemilikan asuransi bisa diperoleh sesuai dengan yang diharapkan, maka kenali dengan baik jenis-jenis asuransi yang ada, supaya kamu tidak keliru dalam memilihnya. Dalam membeli polis asuransi, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan nasabah yaitu keberadaan polis asuransi yang memuat hak dan kewajiban kedua belah pihak yang bekerja sama.

Berikut adalah fungsi dari polis asuransi yang disesuaikan dengan kepentingan penggunanya:

a. Fungsi polis asuransi bagi pihak Tertanggung

  • Menjadi bukti pembayaran premi asuransi pada pihak perusahaan asuransi
  • Sebagai bukti otentik yang berguna untuk menuntut penanggung apabila suatu waktu terjadi adanya kelalaian ketika memenuhi jaminan yang menjadi hak nasabah
  • Menjadi alat bukti tertulis pada jaminan pertanggungan yang digunakan untuk beragam jenis risiko dan penggantian jenis kerugian yang bisa terjadi pada pihak tertanggung sesuai yang tercantum di dalam polis asuransi

b. Fungsi polis asuransi bagi pihak Penanggung

  • Menjadi bukti tertulis bagi jaminan yang diberikan pada pihak Tertanggung
  • Menjadi bukti otentik yang bisa digunakan untuk menolak tuntutan klaim yang diajukan oleh pihak Tertanggung apabila tak memenuhi syarat polis asuransi
  • Menjadi bukti tanda terima premi asuransi yang dibayarkan oleh pihak Tertanggung sesuai yang tercantum dalam polis asuransi

Jenis Polis Asuransi yang Ada di Indonesia

Di Indonesia sudah tersedia ada banyak sekali ragam jenis asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut ulasan singkat dari beberapa jenis asuransi tersebut.

1. Asuransi Jiwa

Adalah sebuah produk asuransi yang memberikan pertanggungan pada kematian yang dialami nasabah asuransi yang memiliki nilai keuangan. Produk asuransi ini bisa memberikan fungsi finansial pada pihak Tertanggung atas kematiannya sehingga pemegang polis akan menerima sejumlah uang pertanggungan dari asuransi jiwa yang dimilikinya.

2. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan untuk berbagai masalah kesehatan yang disebabkan karena penyakit atau kecelakaan. Jenis asuransi ini bisa memberikan perlindungan dengan memberikan jaminan biaya kesehatan dan perawatan bagi pihak Tertanggung jika jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Asuransi ini juga umumnya banyak diberikan sebagai fasilitas dari perusahaan atau kantor tempat bekerja. 

3. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan pada pemilik rumah atau bangunan properti jika terjadi kerusakan. Asuransi rumah juga memberikan jaminan perlindungan pada barang yang dimiliki di rumah atau jika terjadi kerusakan secara tak terduga yang diakibatkan karena kebakaran, kerusuhan, pencurian dan lain sebagainya.

4. Asuransi pendidikan

Jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan pada pihak Tertanggung untuk memberikan jaminan pendidikan anak dari pemegang polis. Asuransi ini menjadi semakin diminati seiring dengan semakin mahalnya biaya pendidikan dari tahun ke tahun sehingga banyak orang tua yang memilih untuk memiliki asuransi pendidikan sebagai tabungan masa depan.

5. Asuransi Bisnis

Merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan pada bisnis atau perusahaan jika terjadi risiko yang menyebabkan adanya kerugian finansial seperti misalnya terjadi kerusakan, kehilangan, dan lain sebagainya.

6. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan pada kendaraan bermotor jika terjadi risiko yang bisa menyebabkan adanya kerusakan seperti terjadi kehilangan, kecelakaan, perusakan oleh pihak lain dan lain sebagainya.

7. Asuransi Perjalanan

Kemudian jenis asuransi yang popular dimiliki masyarakat Indonesia pada masa kini adalah jenis asuransi perjalanan. Jenis asuransi yang biasanya dijual bersama dengan tiket perjalanan yang Anda beli yang memiliki pilihan layanan asuransi untuk perjalanan seperti perlindungan pada risiko jika terjadi penundaan penerbangan atau kerusakan pada bagasi barang bawaan penumpang.

*Baca Juga: Keuntungan Memiliki Asuransi untuk Jaminan Hari Tua

Sekian ulasan tentang fungsi dan jenis asuransi yang ada di Indonesia. Pastikan untuk mendapatkan layanan asuransi terbaik dan terpercaya dari Asuransi Astra. Produk asuransi ini hadir untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada seluruh masyarakat Indonesia. Produk asuransi ini bisa kamu beli dengan mudah, caranya dengan menghubungi CS di nomor berikut ini: 1 500 112