5 tips memperispkan kendaraan saat mudik

5 tips memperispkan kendaraan saat mudik

Ritual wajib yang tidak bisa dilewatkan untuk Anda yang merantau ke kota besar menyambut libur Hari Raya Lebaran adalah mudik. Orang-orang akan berbondong-bondong melakukan perjalanan jauh demi Lebaran bersama keluarga tercinta di kampung halaman.

Agar perjalanan Anda tetap nyaman dan aman, ada beberapa tips mempersiapkan kendaraan untuk mudik :

  1. Tune Up

Tune up kendaraan sebaiknya dilakukan agar “menyegarkan” kondisi mesinmobil, agar nyaman dan aman ketika berkendara jauh. Jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan.

  1. Ganti Oli

Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi resiko overheating pada mesin. Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila  menggunakan oli yang baru. Semakin tinggi beban mesin kendaraan,semakin tinggi resiko mengalami overheating. Terutama jika mobil yang dikendarai membawa penumpang dengan kapasitas penuh, melewati jarak tempuh yang panjang, melintasi kemacetan dan jalanan dengan kondisi yang buruk.  Untuk membantu mengatasi overheating pada mesin, sebaiknya menggunakan coolant untuk air radiator. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi selang dan radiator itu sendiri.

  1. Suspensi Kendaraan

Selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh. Ketika melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik, kendaraan sangat memerlukan suspensi yang bekerja dengan baik. Terutama bila kapasitas penumpang penuh, yang akan sangat membebankan suspensi, terutama suspensi belakang. Hal yang perlu diingat adalah suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan, dan untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang baik, kondisi suspensi harus benar-benar prima.

  1. Ban

Untuk memastikan kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. Tekanan pada ban juga perlu diperhatikan, karena ban tidak hanya berfungsi untuk handling namun juga sebagai suspensi.  Banyak orang percaya kalau tekanan pada ban yang baik adalah 28 psi. Namun, kalau kendaraan berpenumpang penuh, tekanan ban dianjurkan 30-32 psi, dan seimbang untuk keempat ban. Jangan lupa, ban cadangan sudah pasti harus disiapkan. Tekanan pada ban cadangan harus lebih tinggi dari ban yang dipakai, agar tekanan ban tidak kurang dari 30 psi ketika harus dipakai.

  1. Rem

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rem. Rem merupakan hal yang sangat penting untukkeselamatan berkendara. Pastikan rem berfungsi dengan baik. Ganti minyak rem dengan yang baru, pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik. Agar rem maksimal, Rifat menganjurkan menggunakan minyak rem dengan DOT yang memiliki grade yang tinggi. Sebaiknya gunakan minyak rem dengan DOT grade 4, biasanya standar grade kendaraan adalah DOT 3, tetapi DOT grade 4 memiliki daya cengkram yang lebih stabil untuk semua temperatur. Tetapi selain minyak rem, kampas rem pun harus dalam kondisi baik, karena percuma punya rem dengan daya cengkram bagus tapi kampas remnya habis.

Bila merasa ragu dengan cara pemeriksaan cek persiapan mobil sebelum perjalanan jauh, maka sebaiknya bawalah mobil ke bengkel resmi. Atau bisa juga ke bengkel otomotif yang terpercaya.  Perlu untuk diketahui, dalam kesemua rangkaian pemeriksaan kendaraan ini, yang terpenting adalah melakukan servis rutin berkala kendaraan bermotor.

Selain itu, aplikasi mobile dari Asuransi Astra yaitu Garda Mobile Otocare juga bisa membantu mudik aman dan nyaman. Pada aplikasi tersebut terdapat berbagai fitur bermanfaat yang bisa menemani selama mudik. Download aplikasinya di Android dan iOS kamu! https://www.asuransiastra.com/service/garda-mobile/otocare

Sumber : Rifat Sungkar & http://apritos.com/