4 Tips Memilih Tempat Parkir Aman di Musim Hujan

4 Tips Memilih Tempat Parkir Aman di Musim Hujan

Musim penghujan sudah kembali mulai menyapa. Banyak hal yang patut diperhatikan oleh para pemilik kendaraan bermotor untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, sehingga dibutuhkan tips memilih tempat parkir aman di musim hujan, ketika Anda tak sedang berada di rumah.

Memilih lokasi parkir yang tepat mungkin dianggap sebagai hal yang sepele, tapi hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan pada kendaraan kesayangan. Kondisi musim hujan, terutama seperti sekarang ini, semakin sulit untuk diprediksi karena seringkali hujan juga disertai dengan angin kencang.

Kondisi semacam inilah yang membuat para pemilik kendaraan agar semakin waspada dan tak parkir di sembarang tempat, yang nantinya bisa meningkatkan risiko mobil Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai langkah antisipasi, berikut ini merupakan tips memilih tempat parkir aman di musim hujan :

1.       Hindari parkir di bawah pohon

Memarkir mobil di bawah pohon, terutama pohon besar dan rindang pada saat musim hujan sangat berbahaya. Hal ini karena batang pohon umumnya sudah rapuh akibat usia pohon yang sudah tua. Jika terjadi hujan yang disertai angin kencang, batang atau ranting yang jatuh mengenai mobil bisa menimbulkan kerusakan. Tak hanya itu saja, terkadang akar pohon yang tak kuat juga bisa menyebabkan pohon tumbang.

2.      Hindari Parkir di dekat papan reklame (Billboard)

Meskipun terbilang kokoh, tapi papan reklame ternyata juga rawan roboh akibat terpaan hujan dan angin. Ketika terjadi hujan disertai dengan angin, papan reklame mendapatkan tekanan yang cukup besar. Jika tiang penyangga tak kuat menahan terpaan angin atau kondisinya sudah rapuh, papan reklame jatuh dan menimpa kendaraan yang parkir disekitarnya.

3.      Pilih Lokasi yang agak terbuka dan lebih tinggi

Memarkir mobil di tempat yang rendah atau cekungan, berisiko terendam genangan air. Hal ini karena air mengalir ke tempat yang lebih rendah dan berupa cekungan. Jika tak dapat menemukan tempat yang lebih tinggi untuk memarkir mobil, usahakan mencari tempat datar dan tak terdapat cekungan.

4.      Usahakan tak parkir dekat dengan tembok

Tembok memang kokoh untuk dijadikan pelindung dari terpaan angin kencang. Tapi, resiko ambruknya tembok karena terpaan hujan dan angin juga cukup terbuka. Resiko itu terjadi jika tembok yang ada di sekitar lokasi parkir sudah tua dan rapuh. Jika tertimpa reruntuhan tembok, sudah bisa dipastikan terjadi kerusakan yang cukup besar.

Sumber:carmudi dan berbagai sumber lainnya