jenis musik saat berkendaraSelama berkendara dengan mobil, seringkali pengemudi merasa jenuh dan bosan. Salah satu cara yang cukup menarik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan menyetel audio pada mobil Anda. Pemilihan musik wajib diperhatikan, lantaran apabila salah bisa membahayakan pengendara itu sendiri dan orang lain.

Pada mobil-mobil seri terbaru, biasanya memang sudah banyak disediakan fasilitas audio yang cukup mumpuni. Ditunjang juga dengan kualitas stereo audio di dalam mobil yang tak kalah enak untuk dinikmati.

Ada beberapa tips khusus untuk memilih jenis-jenis musik yang sangat cocok bagi Anda yang sedang berkendara.

Berikut 4 Tips memilih jenis musik saat berkendara :

1.Hindari jenis musik bertempo keras dan cepat

Musik bertempo keras dan cepat seperti jenis musik rock, metal, hip-hop, rap dan sejenisnya harus dihindari. Nada dan irama serta tempo yang tinggi dan cepat, ternyata dapat mengubah mood lebih bersemangat dan memacu adrenalin dan membuat si pengemudi kebut-kebutan.

2. Hindari juga musik yang bertempo sendu atau melow

Jenis lagu yang terlalu sendu atau melow juga tidak disarankan. Alasannya bisa menurunkan mood dan membuat pengemudi menjadi mengantuk. Jadi bisa terbawa suasana. Apalagi musik yang diputar merupakan jenis musik yang dibenci. Daripada membuat mood malah drop, lebih baik memilih lagu yang menenangkan jiwa.

3. Musik yang menenangkan, Jazz dan Klasik

Jenis musik Jazz dan yang bergenre klasik sepertinya menjadi pilihan yang tepat untuk berkendara. Alasannya musik ini dapat menenangkan jiwa. Tempo dan irama dari musik ini juga sangat cocok dengan irama detak jantung manusia yaitu berkisar antara 60-80 ketuk per menit. Sehingga, jantung akan berdetak normal tidak cepat dan juga tidak menurun.

4. Pengaturan volume

Volume suara yang sangat berlebihan sangat mengganggu pendengaran si pengemudi. Selain tidak enak untuk didengar, suara yang terlalu berlebih atau kencang akan menimbulkan petaka seperti kecelakaan. Karena suara dari luar seperti klakson pengendara lain tidak bisa didengar dari dalam. Jadi, ada baiknya tetap menjaga volume suara musik di dalam mobil agar nyaman dan aman saat berkendara di perjalanan.

Selain ke 4 tips di atas, Semua itu juga saling berpengaruh dengan kualitas mental serta situasi dan kondisi individu. Apabila kondisi mental individu tersebut sedang tidak baik maka akan cepat terpengaruh dan langsung berdampak buruk Bagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak alangkah baiknya mempersiapkan musik untuk si buah hati. Untuk mensiasat

sumber: otomotifnet.com dan berbagai sumber lain.